Agenda brosur katalog alat kesehatan lingkungan
Brosur katalog alat kesehatan lingkungan
14 Feb 2012

Dampak Pencemaran Air Bersih dari Limbah Domestik dan Industri

Air merupakan hal yang sangat berharga bagi hidup kita tanpa adanya asupan air yang tubuh akan kekurangan cairan dan aktifitas yang membutuhkan air bersih tidak akan dapat terlaksana seperti mencuci, mandi maupun lainnya.

Meski tinggal di negeri yang kaya akan sumber daya air namun sampai saat ini masih saja beberapa wilayah yang kekurangan persediaan air bersih layak konsumsi. Sangat disayangkan bukan? Hal seperti ini sebenarnya tak perlu terjadi pada negeri ini namun karena ulah beberapa opnum yang tak bertanggung jawab mengakibatkan terjadinya pencemaran air bersih di wilayah kita.

Beberapa pencemaran air bersih yang sering kali sulit tertangani adalah pencemaran dari limbah rumah tangga/domestik dimana sebagian penduduk membuang limbah rumah tangganya di daerah yang rawan seperti sungai, maupun saluran air.

Sedang pencemaran akibat membuangan limbah industri yang tak ramah lingkungan dari pabrik-pabrik juga sering kali menjadi penyebab utama sumber air di sekitar lokasi menjadi tercemar. Air bersih menjadi terkontaminasi dengan zat kimia tertentu yang menyebabkan air tersebut tak layak untuk dikonsumsi.

Biasanya aktifitas pembuangan limbah industri dilakukan secara diam-diam pada waktu malam hari sehingga pemerintah sendiri sangat sulit mencari siapa dalang dari penyebar polutan air di wilayah sekitar apakah pabrik A, pabrik B atau keduanya?!

Beberapa dampak pencemaran air bersih dari limbah domestik dan industri :
 
Kualitas air menurun

Air yang mengalami pencemaran akibat sampah organik akan memiliki kandungan oksigen yang rendah sehingga dari sini kita bisa tahu bahwa kualitas air menjadi menurun. Hal ini disebabkan oleh bakteri pembusuk yang menghabiskan sebagian besar oksigen untuk proses pembusukan sampah tersebut.

Tumbuhnya kuman penyakit

Banyaknya kontaminasi yang terjadi akibat limbah domestik maupun limbah industri yang dibuang sembarangan dapat memunculkan penyakit seperti disentri, penyakit kulit, muntaber dan sejenisnya yang sifatnya mudah sekali menular.

Air tak layak konsumsi

Dari pencemaran yang terjadi akibat limbah rumah tangga/domestik maupun limbah industri akan membuat air sungai dan sumber air di lokasi sekitar menjadi tak layak digunakan. Ini disebabkan karena limbah tersebut telah menyatu dengan air bersih sehingga perlu penanganan khusus supaya air ditempat sekitar dapat dikonsumsi kembali sebagai air minum, air mandi, air cuci maupun air mengolah makanan.

Suplai air berkurang

Untuk sungai yang tercemar biasanya pendangkalan sungai akan terjadi. Hal ini disebabkan oleh limbah industri yang membusuk menjadi masalah utama dalam pendangkalan air sungai sehingga suplai air pun di lokasi pencemaran menjadi berkurang drastis.

Menyebabkan banjir

Sungai yang diisi oleh banyak sampah organik maupun anorganik yang tidka dapat dibusukkan oleh bakteri pembusuk dapat menyumbat aliran air sehingga bila air pada lokasi tertentu terhambat maka dapat memuntahkan air sungai di lokasi tersebut sehingga bencana banjir tak dapat dielakan.

Dan lainnya
 
Mengingat dampak pencemaran air yang ditimbulkan dapat berakibat fatal dan meluas, ada baiknya dari seluruh komponen bekerjasama menangani masalah ini dan pihak-pihak yang selama ini kurang memperhatikan masalah lingkungan segera mungkin sadar dan berbenah diri. Bila perlu pergunakan layanan jasa sedot limbah untuk menangani masalah pembuangan limbah rumah tangga maupun limbah industri, sebab layanan jasa ini mengerjakan pembuangan di tempat yang aman dan tepat sehingga tidak menimbulkan pencemaran di lokasi pembuangan dan lingkungan sekitar jadi tempat tinggal anda akan tetap terjaga.…

Sumber:
http://sedot-wc.net/blog/2012/02/12/dampak-pencemaran-air-bersih-dari-limbah-domestik-dan-industri/

Back to news list
1 Desember 2014 - Hari AIDS Sedunia

Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter, dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Bunn dan Netter menyampaikan ide mereka kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Pgoram AIDS Global (kini dikenal sebagai UNAIDS). Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan sepakat dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.

Bunn menyarankan tanggal 1 Desember untuk memastikan liputan oleh media berita barat, sesuatu yang diyakininya sangat penting untuk keberhasilan Hari AIDS Sedunia. Ia merasa bahwa karena 1988 adalah tahun pemilihan umum di AS, penerbitan media akan kelelahan dengan liputan pasca-pemilu mereka dan bersemangat untuk mencari cerita baru untuk mereka liput. Bunn dan Netter merasa bahwa 1 Desember cukup lama setelah pemilu dan cukup dekat dengan libur Natal sehingga, pada dasarnya, tanggal itu adalah tanggal mati dalam kalender berita dan dengan demikian waktu yang tepat untuk Hari AIDS Sedunia.